Tips Mengajar Keterampilan Diri
Semua anak membutuhkan arahan tertentu sambil belajar keterampilan diri, namun petunjuk ini lebih sulit dilakukan bagi seorang anak dengan kebutuhan khusus untuk dipahami. Berikut adalah beberapa strategi dasar bagaimana melibatkan anak Anda dalam pembelajaran yang bermanfaat:

1. Beri mereka keberanian untuk menolong diri mereka sendiri.
Sebagai orang tua, bisa jadi sulit melihat anak Anda berjuang untuk menyelesaikan sebuah tugas. Nalurimu yang pertama mungkin akan masuk dan mengurus masalah ini untuk mereka, jangan sampai mereka mengalami kecemasan atau frustrasi saat mencobanya sendiri, tapi penting untuk mengambil langkah mundur dalam situasi ini dan berikan bantuan pada anak Anda untuk mereka. untuk menyelesaikan tugas mereka sendiri. Jika mereka mencoba mengikatkan sepatunya tapi tidak ingat dengan cara Anda mengajari mereka, cobalah pendekatan yang berbeda dengan cara yang bisa mereka pahami dan pelajari; Menjadi suportif sementara anak Anda mencoba sebuah tugas sendiri dapat pergi jauh ke arah kepercayaan diri, harga diri dan penguasaan keterampilan diri.

2. Bongkar menjadi bit berukuran gigitan.
Bila Anda melihat anak Anda berjuang untuk memahami konsep dasar keterampilan diri tertentu, luangkan waktu sejenak untuk memecahkan tugas menjadi langkah-langkah yang lebih kecil. Apa sifat kedua bagi kita untuk bisa menelisik anak dengan kebutuhan khusus, jadi beri mereka metode yang jelas dalam bahasa mereka sendiri yang bisa membantu mereka mengenali gambaran yang lebih besar. Berpakaian tanpa bantuan bisa membuat frustrasi jika anak tidak mengingat urutan yang benar untuk meletakkan barang, atau tidak bisa menguasai tombol. Mengubah langkah-langkah menjadi konsep kohesif yang bisa dilakukan anak Anda dengan mudah dengan bantuan moderat sampai perilaku menjadi terpelajar.

Baca: Tips Mendidik Anak Mandiri

3. Identifikasi area masalah keterampilan diri.
Apakah anak Anda baik-baik saja pada awal waktu mandi tapi menjadi frustrasi semakin lama proses berlanjut? Jika situasi yang sama terjadi di mana anak Anda dengan kebutuhan khusus menemukan bagian dari tugas yang tidak dapat diselesaikan dengan sendirinya, maju dan bantu mereka dengan langkah tertentu itu sendiri. Hal ini memungkinkan anak Anda untuk mempertahankan sebagian dari kemandirian mereka saat mereka bekerja untuk menguasai keterampilan yang dipermasalahkan. Menonton anak Anda dengan saksama saat mereka melakukan sejumlah tugas keterampilan diri dapat membantu Anda menentukan daerah mana yang paling membutuhkan perhatian.

4. Jadikan belajar menyenangkan.
Jika anak Anda mengalami kesulitan untuk memilih makan perak untuk makan malam, misalnya, berikan tugas terkait untuk tampil sepanjang hari yang meniru perilaku tapi dianggap bermain untuk anak. Karena menggenggam garpu atau sendok memerlukan keterampilan motorik yang bagus, cobalah agar anak Anda bermain dengan sapu baju atau sumpit pelatihan pada saat mereka terlibat dalam permainan lainnya. Mintalah anak Anda meremas dan meratakan pipih atau masukkan gelembung dalam bungkus gelembung; Ini adalah kegiatan menarik dan menyenangkan yang dapat membantu anak Anda memperbaiki keterampilan motorik mereka sampai mereka siap untuk mencoba memetik makanan perak dan makan sendiri. Penguatan Positif dan pujian terus-menerus akan membantu meningkatkan tingkat di mana anak Anda akan belajar dan mempertahankan keterampilan diri kritis ini.

5. Sederhanakan setiap hari.
Meskipun tidak dianjurkan bagi Anda untuk melakukan setiap tugas berat untuk anak Anda, tidak masalah membuat mereka lebih mudah saat mereka berlatih menguasai keterampilan diri bermasalah. Jika anak dengan kebutuhan khusus tidak bisa mengikat sepatunya dengan benar, berikan sepatu dengan penutup Velcro, yang seringkali lebih mudah dilakukan anak-anak. Apakah mengancingkan sebuah masalah? Berikan anak Anda celana pinggang elastis sampai mereka merasa cukup percaya diri untuk mencoba kancing sendiri. Pertimbangkan pakaian pullover untuk anak yang tidak bisa mengoperasikan ritsleting dengan benar. Dalam kasus ini, membuat sesuatu sementara mudah bisa menghilangkan frustrasi anak Anda saat Anda terus bekerja dengan mereka dalam keterampilan dasar ini.

Anak Anda belajar dengan kecepatan unik mereka sendiri, yang bisa membuat Anda frustrasi sebagai orang tua. Ingatlah bahwa inilah cara mereka belajar tentang dunia di sekitar mereka. Buatlah daftar tujuan yang harus dipenuhi dan simpan di tempat dimana Anda dan anak Anda bisa mereferensikan informasinya kapan saja. Periksalah setiap langkah atau keterampilan yang telah ditaklukkan, rayakan setiap kemenangan, dan yakinkan anak Anda saat mengalami kemunduran. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk dipelajari, dan anak Anda akhirnya akan menguasai keterampilan hidup penting ini.

Sumber Daya Pendidikan Khusus sangat mengetahui perjuangan yang mungkin Anda hadapi, dan ingin memberi Anda informasi faktual untuk membantu Anda dalam perjalanan Anda. Anak Anda dengan kebutuhan khusus itu unik dan berbakat. Sering kali kesalahpahaman masyarakat dan kesalahpahaman masih mengarah pada perlakuan buruk terhadap anak-anak dengan kebutuhan khusus terutama di luar rumah. Faktanya adalah, anak-anak ini belajar secara berbeda dan meminta metode pengajaran untuk dicetak sesuai kebutuhan masing-masing. TIDAK terus memaksa mereka untuk mempelajari pendekatan "satu ukuran cocok untuk semua". Banyak orang tua beralih ke metode alternatif untuk memastikan anak-anak mereka menerima pendidikan yang layak mereka dapatkan.

Kunjungi http://esoksehat.com/cara-mendidik-anak-agar-mandiri/
Topic revision: r2 - 09 Mar 2018, TipsMendidikAnakMandiri
 

This site is powered by FoswikiCopyright © by the contributing authors. All material on this collaboration platform is the property of the contributing authors.
Ideas, requests, problems regarding Foswiki? Send feedback