Karena tifoid adalah gangguan intestinal, diagram atau rencana diet tipus adalah suatu keharusan karena memainkan peran penting dalam mengembalikan kesehatan dan gizi sistem kekebalan tubuh. Diet tipus yang ideal adalah makanan kecil dan sering di dalamnya. Diet seperti itu juga harus mengandung makanan yang lembut, lembut, mudah dicerna dan rendah serat. Penting untuk diingat bahwa diet semacam itu seharusnya tidak mengganggu sistem usus lemah pasien. Harus ada banyak cairan yang termasuk dalam diet ini - ini termasuk susu, kaldu, jus asin, jus buah yang diencerkan dan sebagainya. Tifoid adalah penyakit yang berhubungan dengan demam yang disebabkan oleh bakteri Salmonellae Typhi. Bakteri ini ditemukan pada makanan atau air yang terinfeksi oleh seseorang yang sudah menderita tifus. Anak-anak rentan terhadap tifoid dan kemudian menyebarkannya ke anak-anak lain juga. Beberapa anak tetap carrier bahkan setelah mendapat perawatan. Gejala tifoid pada anak adalah demam tinggi, sakit tenggorokan, kelemahan dan kelelahan, diare atau konstipasi, ruam, sakit kepala. Seiring berjalannya waktu, penurunan berat badan terjadi bersamaan dengan dan perut yang sangat membesar dan berlanjut diare. Mengikuti pola makan tifoid untuk anak-anak, seperti yang diberikan di atas akan membantu anak untuk pulih lebih cepat.

Diet untuk Pasien Tifoid
Diet untuk pasien tifoid harus menjadi salah satu yang ringan dan mudah dicerna. Perlu diingat bahwa pasien yang memiliki tifoid memiliki nafsu makan rendah. Oleh karena itu penting untuk memastikan bahwa pasien tersebut diberi diet protein tinggi dan tinggi. Hal ini penting karena membantu pemulihan pasien. Cadangan energi dan protein pasien habis saat ini karena kurangnya nafsu makan dan asupan rendah, serta demam tifoid. Cairan yang cukup harus menjadi bagian dari diet ini dan ini harus diberikan pada interval pendek. Produk telur dan susu adalah sumber protein yang baik. Daging, sementara sumber yang bagus juga, harus dihindari karena bisa kaya dan gemuk dan sulit dicerna saat ini.

Baca: Makanan Untuk Penderita Tipes

Waktu Pemulihan Tifus

Setelah didiagnosis dan pengobatan dimulai (biasanya antibiotik), waktu pemulihan tifus sangat cepat. Kebanyakan orang sembuh hanya dalam beberapa hari. Namun, seseorang harus melanjutkan perjalanan pengobatan meski gejala hilang untuk memastikan bakteri tersebut benar-benar tersingkir dari tubuh. Banyak orang, yang menderita demam tifoid, sembuh dan tidak memiliki gejala, masih membawa bakteri dan berisiko menginfeksi orang lain dengan penyakit ini. Oleh karena itu penting untuk tetap menghindari memasak atau menyajikan makanan dan memperhatikan kebersihan diri juga. Tes lanjutan harus dilakukan untuk menentukan apakah orang tersebut bebas dari infeksi.

Rencana Diet Tifoid

Demam tifoid adalah kondisi umum yang menyebabkan sakit perut dan demam tinggi, di antara gejala lainnya. Rencana diet tipus memainkan peran penting dalam perawatan karena kurang memberi tekanan pada sistem pencernaan orang yang menderita tifoid. Poin utama yang harus diingat saat membuat rencana diet tipus seperti itu adalah: -

• Diet harus cukup memasok protein
• Harus ada nutrisi yang cukup
• Harus ada cukup cairan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan air pada individu.

Makanan padat seperti nasi tidak disarankan, terutama pada tahap awal, karena memberi tekanan yang tidak semestinya pada sistem pencernaan.

Diet untuk Pasien Tifoid

Diet untuk pasien tifus harus menjadi salah satu yang mengandung cukup kalori tinggi dan protein tinggi. Hal ini diperlukan agar pasien cepat sembuh. Juga harus ada cukup cairan dalam makanan untuk menjaga keseimbangan air dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Makanan harus mudah dicerna dan tidak sulit di usus. Seiring dengan gejala yang mereda, makanan semi padat dapat dimasukkan ke dalam makanan ini, misalnya, custard, bubur, nasi dengan yogurt dan sebagainya. Susu, jus buah dan jelai adalah pilihan bagus juga. Penekanan dalam diet ini harus pada sayuran mentah dan ringan dan buah segar. Motif utama di balik diet pasien tipus adalah memberi nutrisi yang tepat, dan untuk menyeimbangkan proporsi air dan elektrolit di tubuh pasien. Makanan tertentu dapat menyebabkan masalah diet dan kerja paksa hati yang sudah dikompromikan pada pasien tersebut. Makanan yang harus dihindari saat diobati untuk tipus termasuk kacang setengah matang, makanan fermentasi. Ingat bahwa tifoid juga menyebabkan luka ringan pada saluran pencernaan. Dianjurkan untuk menghindari kulit buah dan sayuran pada saat ini, karena alasan inilah. Serat tak larut seperti ini sulit dicerna saat ini. Pastikan bahwa ada banyak vitamin A, B dan C dalam makanan serta vitamin ini membantu pasien memulihkan hilangnya vitalitas selama periode ini.

Tifoid dan penyakit kuning
Penyakit kuning kadang bisa menjadi bingung karena tifus karena gejala kedua penyakit itu serupa. Gejala kuning termasuk demam, sakit kepala, nyeri pada otot, dan delirium (pada tahap selanjutnya) dan seterusnya. Penting untuk mencari pertolongan medis jika Anda merasa menderita. Kunjungi http://sistasehat.com/makanan-untuk-penderita-tifus/
Topic revision: r2 - 09 Mar 2018, MakananUntukPenderitaTipes
 

This site is powered by FoswikiCopyright © by the contributing authors. All material on this collaboration platform is the property of the contributing authors.
Ideas, requests, problems regarding Foswiki? Send feedback