Ponsel pintar bisa menjadi penengah hal ini karena selain bisa memberikan akses informasi dan telekomunikasi, namun juga mampu memberikan berbagai fitur yang banyak dibutuhkan. HP android pun banyak diincar di pasaran baik dari harga murah dan bekas hingga harga mahal premium semuanya laris manis baik yang dijual di konter hingga toko online sekalipun.

Ketika bermain dengan menggunakan smartphone, seolah tak cukup jika hanya sejam dua jam saja karena saking asyiknya. Tentunya karena banyaknya aplikasi dan game menarik di dunia maya sehingga banyak yang ketagihan saat memainkannya. Tapi kelemahan dari ponsel seperti ini adalah baterai yang kerapkali terbatas. Baterai cepat habis sehingga akan mengganggu keasyikan dalam bermain. Konsumsi daya yang dipakai oleh hp android memang cukup besar karena kebutuhan daya dalam menjalankan aplikasinya.

Untuk bisa lebih menghemat daya, ada baiknya jika Anda menerapkan tips berikut ini demi bisa melakukan penghematan baterai:

1. Alihkan koneksi
Sinyal 3G dan 4G pada ponsel memang jaringan yang amat diandalkan karena kecepatannya. Tetapi ada juga kelemahannya dimana pada lokasi tertentu yang kerapkali sinyal ini tidak tersedia. Dalam kondisi seperti ini, HP android akan selalu berusaha untuk bisa mencari sinyal yang terbaik sehingga hal ini akan bisa menguras baterai dengan lebih cepat. Jika menghadapi kondisi seperti ini, maka ada baiknya jika Anda melakukan pengalihan koneksi di area Hotspot jika memang ada. Jika tidak, maka matikan saja jaringan seluler sementara sampai di lokasi yang banyak sinyalnya.

2. Mematikan Bluetooth
Kerapkali Bluetooth yang masih aktif dilupakan oleh para pengguna ponsel sehingga dalam kondisi apapun Bluetooth tetap menyala. Selain Bluetooth, Wifi juga kerapkali terlupakan padahal kedua hal ini akan membuat baterai sangat cepat habisnya. Bluetooth dan Wifi akan terus menerus untuk berusaha dalam mencari sinyal dan sambungan. Matikan segera Wifi dan Bluetooth jika memang sudah tidak digunakan.

3. Matikan GPS
Untuk menemukan lokasi tertentu, para pengguna smartphone biasanya menyalakan GPS. GPS ini memang terkenal mampu menghabiskan baterai sangat cepat sehingga jika memang sedang tidak dalam kondisi penting, maka segera matikan GPS.

4. Fitur Sync
Untuk fitur yang satu ini difungsikan agar bisa mengetahui notifikasi dengan cepat pada email, facebook serta aplikasi lainnya. Memang fitur yang satu ini amat dibutuhkan bagi para pekerja dan mereka yang amat mementingkan email dan lainnya. Tetapi jika untuk Anda yang pada dasarnya tidak begitu membutuhkannya, maka ada baiknya untuk mematikan fitur sinkronisasi ini sehingga baterai semakin hemat.

5. Kurangi kecerahan layar dan volumenya
Ketika layar ponsel cerah, maka Anda pasti akan termanjakan dengan segala warna yang bermain di mata Anda. Namun selain kecerahan layar yang terlalu akan membuat mata sakit, maka akan membuat daya baterai juga semakin boros. Belum lagi jika Anda menyetel volume cukup keras sehingga akan menjadikannya semakin boros.

Itulah beberapa tips sederhana untuk bisa menghemat baterai HP android Anda. Mudah bukan? Asalkan Anda berhati-hati dalam memakainya, maka baterai akan bisa bertahan lebih lama.
Topic revision: r2 - 28 Sep 2017, HpAndroidMurah
 

This site is powered by FoswikiCopyright © by the contributing authors. All material on this collaboration platform is the property of the contributing authors.
Ideas, requests, problems regarding Foswiki? Send feedback