Aturan Tidak Tertulis Di Depan Kasir

Kenapa kita harus memiliki aturan tidak tertulis didepan kasir? Kita ini pembeli dan pembeli adalah raja, dan kasir bukanlah siapa-siapa. Mindset seperti itu yang sepertinya harus diubah. Sebuah pertanyaan, pernahkah kalian mengantri berpuluh-puluh menit di minimarket untuk membeli satu barang saja hanya karena ada satu pembeli yang membuat antrian panjang di depan? Semua orang pasti menginginkan antrian yang sangat singkat ketika ingin ke kasir bukan? Jadi aturan tidak tertulis ini ada untuk membuat diri kita tidak menempatkan keadaan yang sulit bagi orang lain dan kasir itu sendiri.

1. Basa basi

Ya, kita adalah manusia, dan manusia adalah makhluk sosial. lalu tidak ada salahnya dong kita berbincang-bincang sedikit dengan petugas kasir? Mari lihat situasinya, apa antrian dibelakangmu padat? Jika iya cukup berbasa basi seperlunya atau kalau perlu tidak sama sekali. Pembicaraan yang tidak penting hanya memperlambat kerja petugas kasir dan menyebabkan antrian yang lama semakin panjang dibelakangmu.

2. Meninggalkan kereta belanja di kasir

Bukankah itu tugas kasir untuk mengembalikan ketempat semula? Iya, itu memang tugasnya. Tapi mari kita balik keadaannya jika kita yang sedang berada di dalam antrian yang panjang, lalu ada pembeli yang meninggalkan kereta belanjanya begitu saja dan membiarkan petugas kasir yang mengembalikannya. Bukankah itu hanya makin menghambat alur antrian milikmu. Tidak ada salahnya untuk mengembalikannya sendiri bukan? What goes around comes around.

3. Berbicara di telepon

"Bisakah kamu tunggu sebentar, saya sedang menelpon" Petugas kasir, Bisa. Antrian, Tidak! Memang bukanlah hal yang sopan untuk mencela pembicaraan seseorang di telpon dan petugas kasir tahu akan hal itu. Tapi bagi para antrian lainnya dibelakangmu tidak perduli dengan apa yang kamu bicarakan meski itu pembicaraan penting sekalipun. Jadi ada baiknya kita menempatkan waktu yang sesuai ketika menerima telepon saat di depan kasir.

4. Bayarlah dengan uang yang pas

Bagaimana perasaanmu ketika kamu membayar di kasir dan total belanjaan kamu memiliki harga yang pas. Senang? pasti. Kita tidak perlu menunggu petugas kasir untuk menghitung kembalianmu. Lalu bagaimana jika tidak pas? Tidak apa, petugas kasir pasti akan tetap menghitung kembaliannya untuk mu. Karena itu memang akan sedikit menghamba antrian dibelakangmu sebisa mungkin kamu menggunakan uang yang pas saat di depan kasir.

5. Membeli barang yang tidak ada Barcode nya

Barcode memberikan kemudahan untuk cash register. Tidak hanya mempercepat penghitungan harga juga dapat di gunakan untuk pengecekan pada bagian produksinya. Coba bayangkan jika kita membeli barang yang tidak memiliki Barcode tertera dan pada akhirnya petugas kasir harus mengeceknya satu persatu secara manual. Tidak apa jika hanya satu atau dua barang, lalu bagaimana jika kamu sedang berbelanja dan ada puluhan barang yang kamu beli tidak ada Barcode nya? Yah kamu harus menunggu petugas kasir mengecek satu persatu dan mengakibatkan antrian panjang. Terbelum lagi jika ruangan tersebut sangat kedap udara dan tidak ada aplikasi thermal insulation peredam panasnya.

Ingin belanja dengan bijak, baca ini : https://www.cermati.com/artikel/6-cara-hemat-dengan-belanja-pintar

Seperti yang di bahas sebelumnya, Barcode atau juga thermal printer menyediakan kemudahan besar untuk cash register. Memberikan kemudahan dalam pembayaran dan pengecekan, tidak perlu menunggu terlalu lama bagi petugas kasir maupun pembeli. Tapi hal tersebut kembali lagi kepada sikap kita di depan umum, dengan teknologi yang semakin membuat hidup kita semakin mudah apakah kita masih mempersulit diri kita sendiri?
Topic revision: r2 - 08 May 2018, HilonMaya
 

This site is powered by FoswikiCopyright © by the contributing authors. All material on this collaboration platform is the property of the contributing authors.
Ideas, requests, problems regarding Foswiki? Send feedback